Sinopsis Novel Remaja



Ashley's Adventure



Di sebuah kota di Franklin Auschgra States yang bernama Roodle, hiduplah seorang remaja putri dengan sejuta kehidupan berwarnanya, yaitu Ashley Veronica Yates yang bersekolah di East Junior High School kelas 8 dan berprofesi sebagai penyanyi. Namanya melejit ketika ia mengeluarkan album perdananya yang berjudul "My Colorful World". Kemudian, ia menjadi penyanyi remaja yang sangat populer di kalangannya!

Ia memiliki 2 adik dan 1 kakak yang sangat sayang kepadanya. Vinca Yates kakaknya yang amat jenius, Michelle dan Fernidad Yates kedua adiknya yang amat jahil. Walaupun begitu, Ashley sangat menyayangi mereka. Di sekolahnya, Ashley bersahabat karib dengan Lynn, Pearch, Lindsay dan Vinessa. Lynn sangat hobi menonton film horror. Sedangkan Pearch, ia adalah sesosok cewek yang sangat atraktif dan semangat karena kemahirannya menjadi anggota cheerleader,bahkan Pearch menang lomba se-kota Roodle loh berkat cheerleadernya yang sangat kreatif. Si Lindsay, ia adalah seorang remaja yang selalu mengikuti mode pakaian dan sangat up to date. Nah, Vinessa adalah teman Ashley yang sangat suka melahap buku, tetapi ia yang paling cantik diantara yang lain.

Pada suatu hari, Ashley jenuh dan ingin berjalan mengelilingi komplek perumahannya. Ketika ia sedang asyik jalan, tiba-tiba Mrs. Roonie menuduh Ashley dengan tuduhan anehnya, Ashley langsung bermimik sebal dan meninggalkannya. Mrs. Roonie adalah tetangga yang amat disebalkan Ashley. Ia selalu menuduh Ashley dengan alasan konyolnya. Kemudian Ashley bertemu Mike, teman seangkatan Ashley yang berdekatan rumahnya dengan Ashley. Mike mengajak Ashley melihat alat percobaan ciptaannya, yaitu sebuah remot kontrol dan pulpen pendeteksi minyak. Pada saat Ashley memegang pulpen dan menekan tombol remotnya, tiba-tiba pulpen tersebut menyeruduk hidungnya. Ashley meringis dan bete,karena berarti hidungnya berminyak sebab pulpen itu mengenai hidungnya.
Ashley suka sekali menggelar konser. Maka dari itu, Ashley sangat populer dan membuat remaja-remaja seusianya tergila-gila padanya. Ia sering sekali dikirimi surat, dan pada suatu kali ada surat yang ditujukan padanya. Ya! Surat itu dari Benny Rosvelt, si penulis muda misterius yang sedang naik daun dan sangat diidolakan Ashley,walaupun belum pernah bertemu. Ia bercerita akan menulis buku barunya dan memasukkan tokoh cewek dengan karakter idola seperti Ashley. Ashley dan Ben janjian bertemu untuk membicarakan buku barunya,namun Ben mengingkarinya karena tidak bisa. Kemudian, untuk mengakali kekesalan Ashley, ia menuju Journalist Training Center. Ashley tercatat sebagai siswanya dan JTC itu adalah kelas yang boleh didatangi kapan saja. Rencananya, JTC akan mengadakan kemping 4 hari ke desa Green Hills. Ashley berminat ikut.

Di hari pertama kemping, ia dan rombongan JTC menginap di Lilac Inn dan sekamar dengan Zee. Tetapi di perjalanan, Ash bertemu dengan Minnette, teman JTCnya yang sinis, angkuh, jutek dan pendengki. Namun Ash tidak menganggapnya musuh walaupun Minnette berlaku seperti menghadapi musuh ketika bertemu Ash.
Udara di Green Hills sangat sejuk, penduduknya ramah-ramah, banyak bukit indah dan bebas polusi. Pada hari pertama itu Ash dan Zee memutuskan untuk mengelilingi Green Hills. Di hari kedua, ada tugas kelompok perdua orang untuk mewawancarai & membuat artikel tentang keunikkan Green Hills. Ash sekelompok dengan Roger. Mereka memutuskan untuk membuat artikel tentang makanan khas Green Hills. Mereka mengunjungi kue embun, kue dengan sejuta keajaiban legendanya milik Paman Gordon dan kue pie terenak dan terhangat milik Mrs. Edellwyn. Ternyata artikel Ash dan Roger menang. Minnette dengki dan sangat iri kepada Ash.

Di hari ketiga setelah mendengar pengumuman, Ash, Roger dan Zee pergi ke bukit. Mereka bertemu dengan anak lelaki yang sepertinya lebih tua dari mereka, namun masih seperti sebaya. Anak itu sedang bermain bersama domba-dombanya. Ya, namanya Oschard. Ia anak yang ramah dan asyik. Setelah pulang dari bukit, Ash, Roger dan Zee diberitahu akan pulang esok pagi. Namun keesokkan harinya, ternyata dompet Ash tertinggal di kamar! Ketika ia sedang mencari dompetnya di kamar, Minnette mengurungnya di kamar. Ash tertinggal rombongan JTC untuk kembali ke Roodle. Kemudian Ash bertemu Mrs. Wenna dan Mrs. Vinnta untuk membantunya tinggal di Green Hills sementara waktu. Setiap hari Ash mencari pekerjaan sambilan yang hasil upahnya untuk ongkos kembali ke Roodle. Ash bekerja pada Mr. Paolo sebagai tukang pos, Paman Gordon untuk melayani pembeli kue embun, dan Mrs. Dulkenz Rosvelt yang ternyata ibu Oschard! Ya, Oschard adalah anak keluarga Rosvelt dan Ash bekerja di toko buku Rosvelt's books yang pengelolanya keluarga itu sendiri. Keluarga Rosvelt memang keluarga penulis, termasuk Benny.
Tidak lama kemudian, Ash mengetahui identitas diri Oschard sebenarnya dari Diana Rosvelt, kakak Oschard. Ternyata Oschard itu adalah Benny Rosvelt! Akhirnya Ben menceritakan semuanya, bahwa ia menyamar menjadi Oschard untuk menyelidiki Ash, teman-temannya dan kehidupan Ash secara mendalam untuk karakter tokoh bukunya. Dan semua peristiwa tertinggalnya Ash dari rombongan adalah susunan recana rapi Ben untuk misinya. Buku karangan Ben akhirnya keluar. Judulnya "Different Life" yang tokoh-tokohnya adalah Ash CS. Seraya Ben menerbitkan bukunya, ternyata sebuah rumah produksi akan mengangkat cerita buku Ben ke layar lebar. Tentu sajaaa, Ash dan keempat sahabatnya bermain dalam film itu!

Karakter favorit: Ashley Yates
Ashley Yates adalah anak yang suka menolong, setia, suka berteman, tidak sombong, supel, berani dan pintar. Ia sangat ramah, walaupun dengan orang yang baru dikenalnya. Ia juga tidak pendengki, ataupun pendendam walaupun ada teman yang iri dan jahat kepadanya.

Tokoh-tokoh dan karakter

  1. Ashley Yates : Suka menolong, setia, supel, ramah, tidak sombong, berani dan pintar
  2. Benny Rosvelt : Misterius, pintar, cerdik, baik, berani
  3. Lynn : Suka makan, pintar, mistis, setia kawan
  4. Lindsay : Stylish, Baik, Up to date, setia kawan
  5. Pearch : Penuh semangat, setia kawan, ambisius, pintar, tidak pernah putus asa,pantang menyerah
  6. Vinessa : Lugu, cantik, setia kawan, baik, pengertian
  7. Vinca Yates : Baik, penolong, jenius
  8. Michelle & Fernidad : Jahil, penyayang
  9. Minnette : Pendengki, angkuh, jutek, judes, jahat
  10. Paman Gordon : Ramah, baik
  11. Mrs. Wenna & Mrs. Vinnta : Penolong, baik, lembut

Jika aku menjadi...
Minnette
,
aku tidak akan dengki lagi kepada Ashley. Setiap orang kan berbeda peruntungannya, nah kalau Ashley sudah ditakdirkan menjadi penyanyi aku tidak boleh iri dong. Apalagi aku jutek terhadap semua orang, aku akan merubahnya menjadi lebih supel. Aku akan mencoba mencari banyak teman, lebih banyak tersenyum dan melakukan hal-hal baik.


Kesan dan pesanku adalah buku ini sangat menarik di baca. Buku ini yang seharusnya dibaca oleh remaja-remaja seumuran kita. Ceritanya yang ringan dan masih segar sangat asyik dibaca. Temanya tentang persahabatan sehari-hari. Banyak pesan yang ada di buku ini. Tentunya tentang semangat hidup, kesetiaan dan wajibnya kita mensyukuri hidup atas nikmat Allah SWT. Tetapi buku ini ada kekurangan kan ya, yaitu lokasi dan nama-nama tokoh yang masih bernuansa kebarat-baratan. Padahal penulisnya adalah anak Indonesia. Walaupun begitu, ini sangat baik untuk novel remaja pemula.